Pengertian E-Banking dan M-Banking
E-Banking
Perbankan
Elekronik (bahasa Inggris: E-banking) E-banking yang juga dikenal
dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi,
pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik
bank yang dilengkapi sistem keamanan. Dari waktu ke waktu, makin banyak
bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur
melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang
Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh
Bank Umum.
Adapun persyaratan bisnis dari internet banking antara lain :
- Aplikasi mudah digunakan
- Layanan dapat dijangkau dari mana saja
- Murah
- Dapat dipercaya
- Dapat diandalkan (reliable).
Bank
Indonesia sendiri lebih sering menggunakan istilah Teknologi Sistem
Informasi Perbankan untuk semua terapan teknologi informasi dan
komunikasi dalam layanan perbankan, atau lebih populer dengan istilah
perbankan elektronik (electronic banking).
Di Indonesia, internet banking telah diperkenalkan pada konsumen
perbankan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa bank besar baik BUMN atau
swasta Indonesia yang menyediakan layanan tersebut antara lain BCA, Bank
Mandiri, BNI, BII, Lippo Bank, Permata Bank dan sebagainya. Internet
banking telah memberikan keuntungan kepada pihak bank antara lain:
- Business expansion
Dahulu sebuah bank harus memiliki sebuah kantor cabang untuk beroperasi
di tempat tertentu. Kemudian hal ini dipermudah dengan hanya meletakkan
mesin ATM sehingga dia dapat hadir di tempat tersebut. Kemudian ada
phone banking yang mulai menghilangkan batas fisik dimana nasabah dapat
menggunakan telepon untuk melakukan aktivitas perbankannya. Sekarang ada
internet banking yang lebih mempermudah lagi karena menghilangkan batas
ruang dan waktu.
- Customer loyality
Khususnya nasabah yang sering bergerak (mobile), akan merasa lebih
nyaman untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus membuka
account di bank yang berbeda-beda di berbagai tempat. Dia dapat
menggunakan satu bank saja.
- Revenue and cost improvement
Biaya untuk memberikan layanan perbankan melalui Internet Banking dapat
lebih murah daripada membuka kantor cabang atau membuat mesin ATM.
- Competitive advantage
Bank yang memiliki internet banking akan memiliki keuntungan
dibandingkan dengan bank yang tidak memiliki internet banking. Dalam
waktu dekat, orang tidak ingin membuka account di bank yang tidak
memiliki fasilitas Internet Banking.
- New business model
Internet Banking memungkinan adanya bisnis model yang baru. Layanan
perbankan baru dapat diluncurkan melalui web dengan cepat.
jenis teknologinya diantaranya meliputi :
- Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine)
- Sistem Aplikasi Perbankan (Banking Application System)
- Sistem Penyelesaian Bruto Waktu-Nyata (Real-Time Gross Settlement System)
- Perbankan Daring (Internet Banking)
- Sistem Kliring Elektronik
Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi
teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk
menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat,
aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu)
dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/
note book, PDA, dan sebagainya.
Aplikasi
teknologi informasi dalam internet banking akan meningkatkan efisiensi,
efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan pendapatan
melalui sistem penjualan yang jauh lebih efektif daripada bank
konvensional. Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam internet
banking, maka internet banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh
industri perbankan. Secara umum, dalam penyediaan layanan internet
banking, bank memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via
portal di internet, memberikan akses kepada para nasabah untuk
bertransaksi dan meng-update data pribadinya.
M-Banking
Mobile Banking
adalah layanan bank yang dapat diakses langsung oleh nasabah melalui
telepon seluler atau handphone GSM (Global System For Communication)
dengan menggunakan menu yang sudah tersedia di SIM Card atau handphone
yang saat ini menggunakan media SMS (Short Message Service).
Keunggulan dan Kelemahan M-Banking
Keunggulan
M-Banking adalah dapat di akses oleh semua pengguna handphone dengan
tipe GSM. Dengan luasnya jangkauan signal GSM, layanan M-Banking tentu
sangat memanjakan para nasabah.
Namun Fasilitas
M-Banking memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah akses untuk
pengguna handphone CDMA, belum semua operator CDMA mempunyai layanan
M-Banking.
Perinsip Penerapan M-Banking
M-Banking memiliki pengertian yaitu sebuah fasilitas perbankan melalui
komunikasi bergerak seperti handphone. Dengan penyediaan fasilitas yang
hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash.Dengan ada nya
M-Banking,pihak perbankan berusaha mempermudah akses para nasabahnya
dalam melakukan transaksi. Dengan adanya layanan M-Banking, nasabah
bank-bank yang telah memiliki layanan ana tentu saja tidak perlu pergi
ke ATM atau kantor Bank tersebut. Hampir semua bank di Indonesia telah
menyediakan fasilitas M-Bankingnya baik berupa SIMtolkit (Menu Layanan
Data) maupun sms plain (sms manual) atau dikenal dengan istilah sms
banking.
Arti istilah SMS
Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS
untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan ,
misalnya cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya.
Sumber :
http://lasriaceriana.blogspot.com/2013/01/pengertian-e-banking.html
http://misscihuycomunity.blogspot.com/2009/12/mobile-banking.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar